Seorang ibu yang belajar dan berproses untuk merawat dan menumbuhkan fitrah keluarga

Minggu, 22 Agustus 2021

No Sampah, Berfaedah Tantangan Zona 1 Manajemen Gadget

 


Perjalanan manajemen gadget akan berakhir hari ini. Akan tetapi hari ini adalah akhir dari sebuah awalan akan komitmen lanjutan. Setelah tahapan ini yang paling penting adalah mempertahankan komitmen untuk “tidak nyampah” dan “berfaedah”. Apa itu “tidak nyampah” dan berfaedah”?

Tidak nyampah

1.    Menghindari status geje (nggak jelas). Status harus bermanfaat. Bagaimanapun segala sesuatu yang kita tulis di media sosial merupakan jejak digital.

2.    Meminimalisir pemajangan foto diri dan keluarga di media sosial. Hal ini merupakan bentuk komitmen bersama suami.

3.    Menghindari berkomentar tak penting pada postingan orang lain

Berfaedah

1.    Menggulir gawai untuk scrolling yang bermanfaat. Ketika perlu untuk membuka handphone, maka yang dilakukan adalah hal yang bermanfaat. Semisal melakukan pencarian informasi dari apa yang sedang dipelajari, membalas pesan secukupnya atau membuat status yang berisi informasi yang bermanfaat. Sangat ditekankan untuk tidak membuka handphone ketika hanya bertujuan untuk scrolling berita artis ataupun melihat status orang lain.

2.    Membuka handphone saat screen time. Membuka handphone karena memang “butuh” untuk melakukan sesuatu. Tidak membuka jika memang sedang tidak membutuhkan. Karena hal itu yang mengakibatkan aktivitas kita teralihkan.

 

Adapun yang sudah mulai saya lakukan selama 12 hari ini adalah sebagai berikut.


Dari mindmap tersebut, paling tidak performa dari gawai sudah mulai normal. Artinya sudah bisa digunakan secara maksimal. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan gawai untuk kemanfaatan diri dan orang lain. Apa saja yang selanjutnya akan saya lakukan?

1.    Nge-blog (blogspot dan wordpress)

Untuk memaksimalkan perangkat handphone dan juga media sosial yang saya miliki, maka saya akan mulai mengaktifakan kembali blog yang sduah lama tertidur. Tertidur karena tidak pernah diisi dengan tulisan. Maka, dalam salah satu langkah manajemen gadget saya pecan lalu adalah menelusuri akun wordpress. InsyaAllah berazam untuk konsisten mengisi dengan ragam ilmu sesuai dengan kapasitas yang saya miliki.

2.    Mengelola intstagram untuk berbagi kebaikan

Saya memiliki beberapa akun Instagram. Akun tersebut dulunya memang saya gunakan untuk berjualan. InsyaAllah ada akun yang nantinya khusus saya gunakan sebagai sarana berbagi ilmu.

Sebenarnya masih banyak rencana dalam pikiran terkait pemanfaatan gadget. Untuk target di tahun ini adalah mengoptimalkan blog dan Instagram. Ketika konsistensi sudah terbentuk, InsyaAllah akan berlanjut dengan aplikasi yang lain. Semoga Allah mudahkan.

 

#harike-12

#tantanganzona1

#manajemengadget

#tantangan12harikalender

#bundasayangbatch7

#institutibuprofesional

#semestakaryauntukIndonesia

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar