Seorang ibu yang belajar dan berproses untuk merawat dan menumbuhkan fitrah keluarga

Kamis, 19 Agustus 2021

Beberes Catatan Tantangan Zona 1 Manajemen Gadget

 


 


Bagi beberapa orang, catatan itu sangat penting. Dengan adanya catatan, kita akan lebih mudah mengingat sesuatu. Misalnya akan pergi belanja, catatan daftar belanja akan sangat membantu kita untuk fokus hanya pada barang yang tercantum. Sehingga kita akan terhindar dari membeli barang yang tidak perlu. Masih banyak lagi kegunaan dari catatan. Selain itu, catatan berguna untuk memudahkan menyimpan suatu materi. Jika suatu saat kita membutuhkan, maka tinggal membuka kembali catatan tersebut.

Namun apa yang terjadi jika semua hal disimpan dalam catatan? Bahkan data tersebut sudah bertahun-tahun disimpan tapi belum sempat untuk dibuka. Entah kapan akan dibuka juga belum jelas. Hanya berpikir bahwa suatu saat akan dibuka. Jika yang terjadi seperti itu, maka sebenarnya kita hanya menumpuk-numpuk catatan yang sebenarnya tidak begitu kita butuhkan. Apa yang harus dilakukan juga sudah terlalu banyak catatan di handphone. Caranya adalah dengan ikhlas menghapusnya. Berikut ini adalah manajemen gadget yang saya lakukan hari ini. Saya mulai merapikan dengan menghapus catatan yang sudah menumpuk. Setelah itu, saya membuat folder catatan. Folder tersebut untuk memudahkan ketika mencari catatan.



 Sebelum dibereskan, saya memiliki catatan yang saya simpan sejak tahun 2017. Berapa tahun coba saya menunpuk sampah di sini. Empat tahun lamanya data tersebut hanya "terdiam" tak pernah dijamah. Jumlahnya pun juga tak tanggung-tanggung, sampai 647 catatan. Bahkan setelah saya cek, sebagian besar berisi tentang daftar catatan belanja ataupun target harian yang akan saya lakukan. Terdapat juga beberapa catatan materi kajian ataupun catatan online shop. Oleh karena itu, tak perlu dipilih langsung dihapus semuanya. 


   Selain dibereskan, saya pun membuat beberapa folder dalam catatan. Tujuannya agar lebih mudah ketika melakukan pencarian. Ada 3 folder yaitu materi yang berisi catatan kajian atau materi penting yang saya dapatkan dari menyimak zoom dll. Folder olshop untuk catatan toko online saya. Kemudian folder reminder untuk catatan ketika saya ingin berbelanja ataupun targetan harian yang akan saya lakukan. 


Kunci terpenting dalam proses beberes ini adalah konsistensi. Kenapa harus konsisten? Agar gadget yang dimiliki secara berkala selalu dibersihkan dan dibereskan. Segala sesuatu yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan maka dibuang ataupun dipindahkan ke penyimpanan yang lain. Istiqomah memang tak mudah, namun harus terus berikhtiar mewujudkannya. 


#harike-9

 

#tantanganzona1

 

#manajemengadget

 

#tantangan12harikalender

 

#bundasayangbatch7

 

#institutibuprofesional

 

#semestakaryauntukIndonesia

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar