Kehidupan
itu sebuah proses, proses yang dijalani dari awal terbentuknya kehidupan hingga
berakhirnya. Kehidupan bersifat continue (istiqomah) atau secara terus
menerus. Begitu pula dengan pendidkan yang merupakan reorganisasi, rekonstruksi
dan pengubahan pengalaman hidup. Pendidikan
merupakan reorganisasi dan rekonstruksi yang konstan dari pengalaman.
Pengalaman diartikan sebagai apa yang diperoleh dari beberapa fase perkembangan
kehidupan. Fase perkembangan masa anak-anak, masa muda, dan dewasa disebut juga
sebagai fase pendidikan. Pendidikan tidak akan pernah berakhir, kecuali jika
telah bertemu dengan ajal.
Perlu
ditekankan lagi bahwa pendidikan merupakan pertumbuhan itu sendiri. Pendidikan
dimulai sejak lahir dan berakhir pada saat kematian. Proses belajar merupakan
bagian dari pendidikan, maka dari itu proses belajar tidak dapat dilepaskan
begitu saja dari proses pendidikan. Pendidikan adalah pengalaman, yaitu proses
yang berlangsung terus menerus.
Ada
sebuah ungkapan experience is the best teacher ; pengalaman adalah guru
yang terbaik. John Dewey membagi pengalaman ke dalam dua bentuk yaitu;
pengalaman yang bersifat aktif dan pengalaman yang bersifat pasif. Pengalaman
yang bersifat aktif berarti berusaha, mencoba dan mengubah. Sedangakan
pengalaman yang bersifat pasif berarti kita menerima dan mengikuti saja.[1]
John
Dewey mempunyai konsep belajar dari pengalaman. Maksudnya adalah bagaimana
menghubungkan pengalaman kita dengan pengalaman masa lalu dan yang akan datang.
Belajar dari pengalaman berarti mempergunakan daya pikir reflektif (reflective
thinking). Ada lima langkah berpikir reflektif menurut John Dewey, yaitu:[2]
a.
Merasakan adanya keraguan, kebingungan yang
menimbulkan masalah
b.
Mengadakan interpretasi tentatif (merumuskan
hipotesis)
c.
Mengadakan penelitian atau pengumpulan data yang
cermat
d.
Memperoleh hasil dari pengujian hipotesisi
tentative
e.
Hasil pembuktian sebagai sesuatu yang dijadikan
dasar untuk berbuat.
Langkah-langkah
berpikir reflektif di atas dipergunakan sebagai metode belajar dalam pendekatan pendidikan proyek dari John Dewey. Belajar
seperti halnya pendidikan adalah proses pertumbuhan, belajar, dan berpikir
adalah satu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar