Seorang ibu yang belajar dan berproses untuk merawat dan menumbuhkan fitrah keluarga

Minggu, 03 Oktober 2021

Bertanya Pada Diri Tantangan Zona 3 Bunda Sayang

 


Hari ini saya kembali melakukan self morning talk. Kenapa saya melakukan lagi? Karena selama mengalami gejala di trimester pertama ini beberapa target yang biasa saya selesaikan setiap harinya terbengkalai. Padahal aktivitas tersebut sebenarnya bisa saja dilakukan sambil rebahan ataupun menemani anak bermain. Aktivitas yang beberapa waktu ini saya tinggalkan adalah tadarus Al Qur'an satu juz per hari dan juga setoran hafalan satu ayat satu hari. Selama mengalami "perasaan dan rasa" yang tidak enak dalam trimester pertama ini saya enggan bahkan malas melakukan kedua aktivitas tersebut. Akhirnya saya berdialog dengan diri. Apa sebenarnya yang membuat malas itu? Badan masih bisa beraktivitas seperti biasa. Hanya saja memang ada hal lain yang dirasakan. Akan tetapi justru aktivitas tersebut yang mungkin bisa sedikit mengurangi perasaan yang tidak enak tersebut. 

Allah pun juga telah memberikan pengetahuan kepada manusia bahwa AlQur'an itu adalah syifa/obat. Lantas kenapa kita tidak mendekat untuk mencari obat yang memang telah dijanjikan oleh-Nya. Kesadaran akan hal ini seperti menampar diri saya. Namun terkadang memang kita perlu disadarkan dengan berbagai kejadian. Semakin merasa bahwa diri ini masih jauh dari baik. Semakin merasa bahwa waktu yang diberikan oleh-Nya belum bisa digunakan dengan maksimal. Padahal waktu manusia di dunia ini ibarat jarak antara adzan dan iqomah. Sungguh sangat pendek. Kenapa terkadang masih juga menyia-nyiakan dan mengisinya dengan hal yang kurang bermanfaat.

Bismillah, kembali pada tujuan awal yaitu menempatkan Al Qur'an sebagai prioritas dalam aktivitas keseharian. Semoga Allah meberikan kemudahan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar