Seorang ibu yang belajar dan berproses untuk merawat dan menumbuhkan fitrah keluarga

Senin, 24 Oktober 2016

Yuk, menanam pohon!


Belajar merupakan kegiatan yang mengasyikkan bagi anak-anak jika diramu dengan cara yang selalu berbeda. Anak-anak mudah bosan jika belajar yang dilakukan hanya itu-itu saja. Selain itu, belajar harus bermakna (meaningful learning). Apa maksud bermakna ini? Bermakna berarti bahwa pembelajaran tersebut membekas dan dapat diaplikasikan dalam kegiatan keseharian mereka.
Kegiatan yang bertema alam merupakan hal yang paling disukai oleh anak-anak. Dengan belajar di luar ruangan, mereka bisa mengeksplorasi dunia sekitarnya. Seperti yang dilakukan oleh anak-anak kelas 1 ini. Mereka sedang menanam pohon di sekitar halaman sekolah. Dengan ditemani oleh ibi gurunya, anak-anak sangat antusias menanam pohon yang mereka bawa dari rumah.
Kegiatan ini merupakan bagian dari metode pembelajaran yang digunakan oleh sang guru, yaitu pembelajaran kontekstual. Materi yang diberikan adalah tentang pelestarian lingkungan. Dengan metode pembelajaran ini, guru mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam proses penanaman pohon di sekitar sekolahnya. Dengan kegiatan ini, anak-anak diharapkan dapat ikut menjaga kelestarian tanaman yang mereka tanam sendiri. Kelak ketika sudah besar pun mereka diharapkan mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan di sekitarnya dengan penghijauan.
Lihatlah, mereka sungguh menikmati kegiatan pagi itu.



Noer_azhief
Foto: bu Amin dan Nuha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar